Kamis, 31 Agustus 2017

Kegiatan Kuliah Kerja Praktek (KKP) Mahasiswa Biologi Sainstek Leting 2014

 Mahasiswa Biologi Sainstek leting 2014 diwajibkan untuk mengikuti KKP pada saat liburan semester 6. Dimana KKP merupakan salah satu mata kuliah (MK) wajib semester 7. Mengapa KKP dilaksanakan saat liburan? Tujuannya supaya tidak mengganggu proses perkuliahan.

KKP merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa berupa magang atau observasi di perusahaan atau instansi pemerintah secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan kelulusan. Tujuan dari KKP yaitu :
  • Mahasiswa mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja setelah menyelesaikan  pendidikannya.
  • Mahasiswa mendapatkan pengalaman secara faktual dilapangan sebagai tempat terbentuknya tenaga yang professional, yaitu tenaga yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang diperlukan bagi profesinya serta    mampu menerapkan dalam kehidupan dunia kerja yang nyata.

Kegiatan KKP berlansung selama 30-42 hari. Selama KKP, mahasiswa diwajibkan mengikuti prosedur kerja dan kegiatan yang sedang dilaksanakan di instansi tempat KKP. Ada beberapa instansi yang meminta proposal penelitian/kegiatan yang akan dilakukan mahasiswa selama mengikuti KKP. Proposal tersebut biasanya diminta paling cepat satu bulan sebelum KKP dan paling lambat satu minggu sebelum KKP. Ada juga instansi yang meminta judul yang akan diteliti selama KKP. Judul tersebut biasanya diminta saat minggu pertama KKP. Untuk penilaian, mahasiswa diwajibkan membuat laporan yang akan diseminarkan di instansi tempat KKP dan di kampus setelah KKP selesai.

Dibawah ini merupakan kegiatan mahasiswa Biologi leting 2014 selama KKP berlangsung di tempat yang berbeda. 
  1. Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Aceh Singkil
  2. Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh
  3. Laboratorium Anatomi FKH Unsyiah
  4. Forum Konservasi Leuser Langsa
  5. Baristand Aceh
  6. Laboratorium Mikrobiologi Klinik RSUZA
  7. Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I     Aceh
  8. PT. Pupuk Iskandar Muda




     . 


















1 komentar:

  1. Sekedar info :
    Pusat Teknologi Material BPPT membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk kerja praktek dan bimbingan penelitian untuk jenjang Si sd S3
    info lebih lanjut :
    https://pusatteknologimaterial.blogspot.com/

    BalasHapus